Materi yang diulas di dalam buku ini mencakup BAB 1 - Pengantar Seminar Manajemen BAB 2 - Konsep Three C'S Daya Saing Customer Satisfaction BAB 3 - Globalisasi dan Regionalisme Ekonomi BAB 4 - Konsep Standarisasi (SNI, ISO) BAB 5 - Lean Production BAB 6 - Supply Chain Management (SCM) BAB 7 - Outsourcing BAB 8 - Green Production BAB 9 - CSR (Corporate Social Responsibility) BAB 10 - F…
Topik yang dibahas di dalam buku ini mencakup BAB 1 - Motivasi dan Persiapan Kewirausahaan BAB 2 - Konsep dan Kreativitas Kewirausahaan BAB 3 - Design Bisnis dan Pemasaran BAB 4 - Manajemen Keuangan BAB 5 - Manajemen Distribusi BAB 6 - Manajemen Sumber Daya Manusia BAB 7 - Manajemen Produksi BAB 8 - Manajemen Retail
Buku ini berisi mengenai: 1. Konsep Dasar Manajemen 2. Perkembangan Konsep Manajemen 3. Perencanaan 4. Pengorganisasian 5. Pengarahan 6. Pemotivasian 7. Pengendalian 8. Kepemimpinan 9. Pengambilan Keputusan 10. Manajemen Mutu
Kasus-kasus yang dibahas dalam buku ini mencakup: KASUS 1 - Angkasa Pura I: Cash is king - is the king getting overweight? KASUS 2 - PT Yamaha Motor Kencana Indonesia: Strategi berkelanjutan memenangkan pasar KASUS 3 - Persaingan Pasar Mobil City Car di Indonesia KASUS 4 - PT Bank BCA Syariah: Chinese Bank in the Islamic Banking Market KASUS 5 - Merger Telkom Flexi dan Esia: Strategic Merg…
Contents of book: CHAPTER 1 - Management and Method CHAPTER 2 - Behavioral Sciences for Management CHAPTER 3 - The Contributions of Economics to Management CHAPTER 4 - Management Science and Management CHAPTER 5 - The Usefulness of "Management Thought" for Management CHAPTER 6 - The Current State of Organization Theory CHAPTER 7 - Organizational and Individual Objectives CHAPTER 8 - Com…
Topik yang dibahas pada buku ini BAB 1 - Mengenal Manajemen dan Organisasi BAB 2 - Manajemen Dahulu dan Sekarang BAB 3 - Budaya dan Lingkungan Organisasi: Kendala-kendala BAB 4 - Mengelola dalam Lingkungan Global BAB 5 - Tanggung Jawab Sosial dan Etika Manajerial BAB 6 - Pengambilan Keputusan: Hakikat Pekerjaan Manajer BAB 7 - Dasar-dasar Perencanaan BAB 8 - Manajemen Stratejik BAB 9 -…
Topik yang dibahas di buku ini BAB 1 - Mengenal Organisasi dan Manajemen BAB 2 - Manajemen Dulu dan Sekarang BAB 3 - Budaya dan Lingkungan Organisasi: Kendala-kendala BAB 4 - Mengelola dalam Sebuah Lingkungan Global BAB 5 - Tanggung Jawab Sosial dan Etika Manajerial BAB 6 - Mengambil Keputusan: Hakikat Pekerjaan Manajer BAB 7 - Dasar-dasar Perencanaan BAB 8 - Manajemen Strategis BAB 9 …
Buku ini merupakan sebuah pengantar dalam mempelajari ilmu Manajemen. Menyadari pentingnya manajemen dalam sebuah organisasi yaitu manajemen sebagai ilmu dan seni. Hal yang perlu dipahami adalah konsep manajemen secara fungsional yang mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, dan pengawasan. Selain itu, konsep manajemen secara operasional dalam organisasi bisnis…
Keterbatasan literatur yang komprehensif dan simplikasi yang berlebihan terhadap istilah manajemen merupakan dua hal yang mendasari mengapa buku Pengantar Manajemen ini ditulis. Banyak orang dengan mudah merangkai istilah manajemen dengan permasalahan yang akan dipecahkan sehingga menimbulkan kekaburan makna dan esensi dasar manajemen itu sendiri. Oleh karena itu, dengan menelusuri sketsa ya…
Ilmu manajemen jelas tidak pernah bis dipisahkan dari hidup manusia. Immanuel Kant, filsuf Jerman pernah menyatakan bahwa ada tiga pertanyaan mendasar di dalam filsafat kaitannya dengan hidup manusia. Pertama, apa yang dapat kita ketahui? Dua, apa yang harus kita lakukan? Tiga, apa yang boleh kita harapkan? ilmu manajemen memberikan jawaban yang kritis, rasional, dan sistematis terhadap ketiga …
Buku ini disusun karena menyadari peran penting dari manajemen yang di dalamnya memiliki beberapa fungsi yang dapat membantu mewujudkan visi dan misi organisasi, yaitu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian berkaitan dengan pengelolaan sumber daya organisasi, seperti sumber daya manusia, sumber daya finansial, dan sumber daya informasi yang ujungnya untuk mencapai …
Pada dasarnya kemampuan manusia itu terbatas, sedangkan kebutuhannya tidak terbatas, Untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan kemampuan yang terbatas dalam melakukan pekerjaan mendorong manusia membagi pekerjaan, tugas, dan tanggung jawab. Dengan adanya pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab itu maka terbentuklah kerja sama dalam suatu organisasi. Dalam organisasi itu maka pekerj…
Buku ini mengupas secara komprehensif tentang bagaimana menciptakan pelayanan publik yang baik dan berkualitas yang berorientasi pada masyarakat. Pelayanan yang baik akan berimplikasi terhadap kepuasan masyarakat, sehingga partisipasi aktif dan kerja sama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah dapat terjalin dengan baik. Jika konektivitas dan partisipatif sudah terbangun secara sistemati…
Manajemen sudah menjadi sesuatu yang penting di berbagai bidang kehidupan, mulai dari unit terkecil seperti keluarga hingga ke level perusahaan besar dan negara, bahkan di ranah internasional. Mengingat dunia terus berkembang dan disertai dengan tantangan dan peluang yang baru, maka ilmu manajemen juga terus berkembang. Untuk menguasai secara kukuh, kita tentu perlu menguasai dasar-dasar ilmu m…
Organisasi publik dihadapkan pada adanya tuntutan pemberian pelayanan dengan cara yang baru dan lebih berkualitas. Pelayanan yang cepat, pasti, berbiaya rendah, serta mampu memberikan pengalaman yang berkesan, yang didukung oleh kualitas aparatur yang memadai. Pelayanan prima merupakan ujung tombak bagi hubungan jangka panjang organisasi publik dengan stakeholders-nya. Pelayanan prima merupakan…
Pengembangan perguruan tinggi (PT) merupakan suatu upaya yang harus secara terus-menerus dikembangkan. Hal tersebut perlu dilakukan, karena PT merupakan institusi yang paling penting berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di suatu negara. Proses pengembangan PT harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus-menerus disesuaikan dengan berbagai kebu…